Adsense Indonesia

9 Gangguan Selama Hamil

0

MOTHER & BABY
9 Gangguan Selama Hamil

ibujari.com - Walau terkadang agak mengkhawatirkan sebenarnya gangguan yang muncul selama hamil adalah hal yang wajar. Asal tahu kiatnya.

Perubahan yang terjadi pada masa kehamilan, seringkali mengakibatkan timbulnmya berbagai gangguan kesehatan tubuh. Sekalipun gangguan ringan, namun dapat menghambat aktivitas Anda selama hamil. Bila gangguan ini terus menerus berlangsung, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter. Mungkin gejala-gejala tersebut merupakan tanda-tanda suatu penyakit tertentu. Di bawah ini adalah 9 gangguan yang secara umum dialami ibu saat hamil.



Sering Buang Air Kecil
Gangguan ini merupakan salah satu tanda awal kehamilan. Keadaan ini akan berulang lagi pada trisemester akhir, yaitu saat kepala bayi turun ke rongga panggul. Hal yang dapat Anda lakukan adalah :


Buanglah air kecil sampai kandung kemih Anda terasa kosong. Pada trisemester awal kehamilan, dengan cara membungkukkan tubuh dapat membantu melancarkan buang air kecil. Sedangkan pada semester akhir, dengan cara mengangkat pusar.

Batasi minum, bila Anda memang sering terbangun pada saat tidur malam, terutama menjelang tidur malam. Tapi bukan berarti Anda harus membatasi minum selama seharian.

Lakukan latihan kegel agar dapat menahan keluarnya air seni yang berlebihan. Caranya dengan mengerutkan otot panggul, lalu tahan, dan kendurkan kembali.



Mual
Pada trisemester pertama kehamilan adalah gangguan mual dan muntah pada pagi, sore, atau bahkan sepanjang hari. Namun pada bulan ketiga kehamilan gejala ini akan mulai hilang, walau bisa juga berlanjut sampai akhir kehamilan. Karena mual kadang-kadang muncul di akhir kehamilan.

Keluhan ini terjadi karena meningkatnya aktivitas hormon korionik gonadotropin (hormon pembentuk embrio dan ari-ari), menurunnya kadar gula, gangguan pada lambung, dan kekurangan vitamin B6 yang berfungsi mengatur penggunaan protein pada tubuh.
Untuk mengurangi mual, Anda dapat melakukan hal-hal berikut :

Walau nafsu makan terganggu, Anda tetap harus harus makan, karena tiga bulan pertama kehamilan merupakan masa pembentukan pertumbuhan organ-organ janin. Anda dapat makan dalam porsi sedikit tapi sering.

Perbanyak makan makanan yang mengandung karbohidrat, dan protein, seperti creaker, pisang, sereal, dan telur.

Untuk menaikkan kadar gula Anda, di pagi hari makanlah sepotong buah segar atau beberapa potong creaker sebelum bangun dari tempat tidur. Sebelum tidur malam makanlah makanan yang mengandung protein.

Hindari makanan yang berlemak dan berbumbu.

Jauhi kopi dan minuman yang mengandung asam karbonat, seperti minuman bersoda, tapi minumlah air atau jus buah minimal 8 - 10 gelas per hari.

Bagi sebagian ibu hamil, mencium bau jeruk dapat mengurangi mual. Bisa juga Anda masukkan ruas jahe ke dalam air mendidih, rebus selama 5 menit, lalu minum. Bisa juga Anda mengkonsumsi biskuit atau minuman yang beraroma jahe.



Nyeri Ulu Hati
Keluhan sakit pada ulu hati (ujung bawah tulang dada) yang terjadi pada pertengahan dan akhir kehamilan umumnya disebabkan adanya sejumlah kecil isi lambung yang lewat di pangkal saluran kerongkongan. Hal ini terjadi karena dorongan dari rahim ke lambung yang semakin besar, sehingga katup pengatur pintu masuk lambung tersebut mengendor. Akibat hal tersebut, dapat "memuntahkan" isi lambung.

Keluhan ini dapat diatasi dengan beberapa cara :

Makanlah dalam porsi kecil, tapi sering. Kunyah secara perlahan-lahan setiap potong makanan Anda.

Sediakan segelas susu di samping tempat tidur, agar setiap kali terasa sakit, Anda dapat segera meminumnya.

Jangan membungkuk. Demikian pula ketika Anda ingin tidur, berbaringlah dengan bantal yang agak tinggi.

Hindari makanan yang menimbulkan rasa "enek", seperti makanan yang berlemak.

Sumber: ibujaricom


0 comments:

Posting Komentar

Bila tak pegal di tangan
silahkan tulis sebuah komentar!
Yang Bisa Membuat Blog ini Lebih Bagus Ya :)
harap maklum masih newbie

Dan jika ada yang mau memaki-maki saya harap dengan sopan dan santun?