Adsense Indonesia

Asap Rokok Perlambat Kerja Otak

0

Asap Rokok Perlambat Kerja Otak
MOTHER & BABY

Tabloid Ibu & Anak - Anak-anak yang terpapar asap rokok bisa jadi akan 'menderita' di dalam kelas. Sebuah studi baru menunjukkan, pada keterpaparan yang rendah terhadap asap rokok saja, dapat menyebabkan penurunan keterampilan mental seperti membaca, berhitung, logika, dan analisa, pada anak-anak maupun remaja.

Penemuan ini dipresentasikan dalam pertemuan tahunan Pediatric Academic Societies di Baltimore, AS. Sebegitu jauh, para peneliti menyatakan, penelitian itu merupakan studi terbesar yang pernah dilakukan untuk menyelidiki efek lingkungan keterpaparan asap rokok terhadap kesehatan anak.

Studi itu menemukan, kemampuan akademik anak berhubungan sangat erat dengan keterpaparan terhadap asap rokok dari lingkungan. Makin sering keterpaparan terhadap asap rokok, makin besar pula penurunan dalam keterampilan membaca dan logika anak, bahkan pada keterpaparan yang sangat rendah.

"Kami perkirakan, lebih dari 13 juta anak di AS terpapar asap rokok pada tingkat yang efeknya sama seperti terlihat dalam studi ini," kata Kimberly Yolton, Ph.D., peneliti pada Children's Environmental Health Center di Cincinnati, AS.

Untuk studi itu, keterpaparan anak terhadap asap rokok ditentukan dengan mengukur tingkat cotinine, senyawa penanda keterpaparan asap rokok, pada darah 4.400 orang anak usia 6-16 tahun. Kemampuan berpikir dan akademis anak dites dengan tes kecerdasan yang sudah baku. Ternyata, ketika kadar cotinine dalam darah meningkat, nilai matematika dan membaca anak-anak itu pun jatuh. Pada tes analitis, skor yang dicapai anak-anak itu pun menurun jauh.
Sumber: Tabloid Ibu & Anak

0 comments:

Posting Komentar

Bila tak pegal di tangan
silahkan tulis sebuah komentar!
Yang Bisa Membuat Blog ini Lebih Bagus Ya :)
harap maklum masih newbie

Dan jika ada yang mau memaki-maki saya harap dengan sopan dan santun?