Adsense Indonesia

ASI, Sehat dan Hemat

0

ASI, Sehat dan Hemat
MOTHER & BABY
Senior, 111/24

Sebagian perempuan menganggap, memberikan ASI akan mengganggu karirnya karena butuh waktu khusus. Ada lagi yang menilai bahwa memberi ASI akan mengganggu keindahan tubuhnya, terutama payudara. Yang lain lagi mengatakan tidak memberikan ASI pad bayi merupakan gaya hidup orang modern yang tidak mau repot. " Bukankah sudah ada susu kaleng?" begitu alasannya.

Ada juga yang bilang, si bayi tidak mau menyusui, atau air susunya tidak bisa keluar, payudaranya sakit bila menyusui dan lain-lain alas an yang jika ditelusuri merupakan peristiwa sebab akibat yang bersifat psikologis.

Berdasarkan penelitian, diperkirakan setiap hari sekitar 4.000 bayi meninggal akibat tidak diberi ASI. Mereka meninggal karena kekurangan gizi atau penyakit yang sebetulnya tidak peru terjadi jika mendapat ASI. Karena begitu banyak kandungan gizi dan zat penangkal penyakit yang terdapat dalam ASI.

Salah satu penyebab semakin berkurangnya perempuan memberikan ASI kepada bayinya, adalah promosi yang luar biasa susu formula. Bahkan promosi yang dilancarkan oleh 16 produsen makanan bayi menurut laporan International Baby Food Action Network (IBFAN), telah melanggar kode etik internasional pemasaran pengganti ASI.

Berdasarkan laporan IBFAN, beberap perusahaan telah membentuk klub bayi untuk mengontak secara langsung ibu dengan tujuan untuk mendistribusikan materi promosi. Contoh gratis dan iming-iming menarik.Tenaga pemasaran dari perusahaan-perusahaan tersebut, bertindak sebagai penasihat mengenai makanan bayi. Para itu, sejak ditempat melahirkan sampai di rumah, terus dihubungi oleh tenaga-tenaga pemasaran yang sangat agresif.

Akibat gaya hidup para ibu dan gencarnya promosi dari produsen makanan bayi kaliber Internasional itu, membuat harapan para pakar organisai kesehatan agar bayi mendapat ASI eksklusif semakin tipis. Yaitu bayi hanya memberikan ASI tanpa makanan campuran sampai berusia 4-6 bulan, dan terus memberi ASI sampai bayi berusia 2 tahun.

Sebetulnya penggunaan ASI selain menyehatkan ibu dan bayi juga menghemat. Menurut penelitian WABA (World for Alliance for Breastfeeding Action), keluarga yang tidak menyusui bayinya, 70 5 dari pendapatannya digunakan untuk membeli susu formula. Pemberian ASI eksklusif selam 6 bulan di keluarga-keluarga Amerika Serikat menghemat 400-800 dolar AS.
Sumber: Senior

0 comments:

Posting Komentar

Bila tak pegal di tangan
silahkan tulis sebuah komentar!
Yang Bisa Membuat Blog ini Lebih Bagus Ya :)
harap maklum masih newbie

Dan jika ada yang mau memaki-maki saya harap dengan sopan dan santun?